PENGERTIAN TARI TRADIONAL DAN TARI MODERN



   A .    PENGERTIAN TARI
Pengertian Tari ialah gerak tubuh yang dilakukan secara berirama di tempat dan waktu tertentu guna mengungkapkan perasaan, keperluan pergaulan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian pada saat menari yang disebut musik pengiring Tari mengatur gerakan penari serta dapat memperkuat maksud dari yang ingin disampaikan kepada penonton. Gerakan Tari sendiri berbeda dari gerakan yang dilakukan sehari-hari seperti berlari, berjalan, dan sebagainya. Dansa merupakan Tari yang berasal dari kebudayaan bangsa Barat yang dilakukan secara berpasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan satu sama lain atau berpelukan sambil diiringi alunan musik.Tari dibagi menjadi 2, yaitu: Tari tradisional dan Tari modern.Berikut ini penjelasan mengenai Tari tradisional dan Tari modern.
   B.      JENIS- JENIS TARI
1)    Tari Tradisional
               Pengertian Tari tradisional merupakan seni Tari yang tumbuh dan berkembang pada suatu daerah tertentu dan dianut secara turun temurun oleh masyarakat di sekitarnya. Tari tradisional pada umumnya mempunyai nilai-nilai historis yang tinggi, pedoman yang luas, serta berdasarkan pada adaptasi adat istiadat lingkungan di sekitarnya. Tari tradisional dapat dibedakan menjadi 3 jenis, antara lain :
a)      Tari Rakyat (Tari Folklasik)
Tari rakyat (Tari folklasik) merupakan salah satu jenis Tari tradisional yang lahir dan berkembang dari kebudayaan masyarakat lokal dan ada sejak zaman primitif. Tari rakyat diturunkan secara turun temurun hingga sampai sekarang ini. Tari rakyat pada umumnya mempunyai beberapa ciri khasnya antara lain masih kental dengan nuansa sosial, merujuk pada adat kebudayaan dan kebiasaan masyarakat lokal, dan mempunyai gerak, rias, serta kostum yang masih sederhana.
Berikut contoh dari Tari rakyat antara lain : Tari Tayub, Tari Piring, Lengger, Orek-Orek, Joget, Ndulalak, Sintren, Angguk, Kubrasiwa, Buncis, dan Tari Rodat.
TARI PIRING

TARI TAYUB
b)     Tari Klasik
Pengertian Tari klasik merupakan salah satu jenis Tari tradisional yang lahir dan berkembang di lingkungan keraton dan ada sejak zaman feodal. Tari klasik diturunkan secara turun temurun pada kalangan bangsawan. Pada umumnya Tari klasik mempunyai beberapa ciri khas yang dimilikinya antara lain : masih berpedoman pada pakem tertentu (terdapat standarisasi), mempunyai nilai estetis yang sangat tinggi serta makna yang dalam, dan Tariannya disajikan dalam berpenampilan yang serba mewah mulai gerak, riasan, sampai kostum yang dikenakan para penari Tari klasik.
Berikut contoh dari Tari klasik antara lain : Tari bedaya, serimpi, Palguna-palgunadi, lawung alit, Retna Tinanding, Gathotkaca Gandrung, lawung ageng, Bondabaya, Bandayuda, dan Tari Srikandi Bisma.
                                       
TARI BEDAYA


TARI SERIMPI
  
c)     Tari Kreasi Baru
Pengertian Tari kreasi baru merupakan suatu Tari klasik yang sudah di aransemen serta berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, namun masih terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam Tari tersebut. Tari kreasi baru pada umumnya diciptakan oleh pakar Tari. Beberapa Tari kreasi baru yang dapat kita lihat sekarang ini pada karya-karya Bagong Kusudiarjo dan Sauti.
Berikut contoh dari Tari kreasi baru antara lain : Tari Kupu-Kupu, Tari Roro Ngigel,  Tari Ongkek Manis, Tari Manipuri, dan Tari Merak.
TARI KUPU -KUPU

TARI MERAK
TARI MANIPURI


                                                                                          
 2)    Tari Modern
                                         Tari modern atau Tari masa kini adalah bentuk Tarian yang merupakan ciptaan                       kaum muda dan sifatnya hanya mencari popularitas dengan menciptakan rangkaian                               gerak yang sedang ngetrend (istilah kaum muda) dan umumnya bentuk Tarian seperti                           ini  tidak lama digemari oleh masyarakat (musiman).

             Bentuk Tarian modern yang belum lama hilang dari pandangan kita yaitu jenis Tari   dengan tehnik lejitan (break dance).

Ø Ciri-ciri Tari modern:
 1.      Penggarapan yang kreatif
 2.      Tuntutan keasyikan
 3.      Kepuasan batin
 4.      Kekokohan solidaritas
 5.     Popularitas yang tidak menentu
 6.     Berbobot kreatif.

Ø Tehnik Tari modern
       1.    Tehnik hula hoop
       2.    Tehnik dangdut
       3.    Tehnik lejitan (break dance).


          Gerakan berirama dalam Tari adalah suatu keadaan gerak yang dilakukan secara teratur menurut irama, baik irama gerak maupun irama musik. Semua gerakan yang dilakukan oleh tubuh kita dapat diolah melalui peralihan tenaga yang berbeda-beda. Misalnya gerakan tajam atau kuat (keras), gerakan ringan atau lemah (halus), dan gerakan sedang. Demikian pula kaitannya dengan irama yaitu ukuran waktu atau tempo untuk melakukan gerak. Tempo gerak ini erat hubungannya dengan jarak (ruang) dan aksen (tenaga). Yang termasuk tempo gerak antara lain: cepat, lambat, rendah, panjang dan pendek.
        Tari modern adalah salah satu genre yang paling sulit untuk mendefinisikan dengan teknik.Modern tidak selalu cepat atau lambat atau dilakukan untuk musik tertentu, atau musik apapun.Itu tidak selalu menyorot keterampilan fisik tertentu atau bercerita.Hal ini belum tentu apa-apa.Dan itu dapat mencakup semuanya.Ini bagus dan besar dari sudut pandang banyak koreografer dan penari karena dalam teori itu memberi mereka kemungkinan tak terbatas untuk bermain dengan.


modern dance sekarang bermacam- macam yaitu:


1. Robot Dance/ Robottic.
The Robot Dance adalah sebuah ilusi gaya tari ± sering bingung dengan bermunculan ± yangmencoba untuk meniru sebuah menari robot atau manekin. Itu berasal oleh Charles Washington,juga dikenal sebagai ³Charles Robot´ pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaranlebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine.
                 
ROBOT DANCE




2. Blood-Elf Dance.
Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur.Ini merupakan Tarian Baru era jaman sekarang.Banyak Anak muda mengikuti tarian ini.                                                                                               
3. Breakdance.
    B-boying atau yg sering disebut sebagai breakdancing, adalah gaya tarian yang berevolusisebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di BronxSelatan, New York City selama tahun 1970-an. menari-nari untuk kedua hip-hop dan genremusik lain yang sering remixed untuk memperpanjang istirahat musik. Satu yang praktek gayatarian ini disebut b-anak laki-laki, b-gadis, atau breaker.Meskipun ³breakdance´ adalahistilah³b-boying´ dan ³melanggar´ lebih disukai oleh sebagian besar bentuk seni yang palingmenonjol pionir dan praktisi.
   Toprocks menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama. Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan beberapa gaya akrobatik lain. Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi tangan dan kaki pada lantai.
Pada downrock, seorang breaker menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya yang disebut power moves;The windmill adalah gerakan populer dari power move.
       Power move adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannya. pada power move , breaker lebih tergantung pada kekuatan tubuh bagian atasuntuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. power move terdiri dari Windmill, Swipe, dan Flare. Beberapa gerakan meminjam dari bela diri seperti butterfly kick.


4. MoonWalk Dance
           The Moonwalk atau backslide adalah sebuah teknik tarian yang menghadirkan ilusi penari ditarik ke belakang ketika mencoba untuk berjalan maju. Sebuah breakdancing bergerak itu menjadi populer di sleuruh dunia setelah di eksekusi Michael Jackson tarian bergerak selama kinerja Bille jean on Motown. kemarin, hari ini, Forever pada tanggal 25 Maret 1983. Ini kemudian menjadi tanda tangannya bergerak, dan sekarang salah satu yang terbaik teknik tari terkenal di dunia.


   5. Sexy Dance
               Sexy Dance ialah tarian dimana para dancer menari dengan menonjolkan sisi ke-sexy an

  6. Hip- hop Dance
               Hip- hop Dance adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970'an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip- hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen- elemen yang terdiri dari MCing (lebih dikenal rapping). DJing, Breakdance, dan Grafiti. Belakangan ini elemen Hip-hop juga diwarnai oleh Beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya 
Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. "Rapping" kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagaian dari budaya Hip Hop.


Komentar

Posting Komentar